Menggunakan Font Awesome pada komputer

Font Awesome adalah font icon. Font icon merupakan salah satu jenis font yang karakternya berisi icon-icon. Font ini sebenarnya digunakan untuk web-design. Karena banyak karakter yang berguna, bagus, dan gratis, font ini juga bisa dipakai untuk komputer. Seringkali pada aplikasi Corel Draw, Photoshop, MS Word, dan lain-lain.

Menggunakan Font Awesome pada komputerFont Awesome

Akan saya jelaskan bagaimana cara memakainya. Pertama, download dahulu fontnya di fontawesome.io. Terserah kalian pilih versi yang terbaru atau yang sebelumnya. Kedua, extract file-nya, buka folder fonts, install font yang berformat otf dan ttf.

Character Map

Ini adalah cara paling sederhana untuk mengambil karakter yang nantinya dicopy-paste. Buka Character Map dengan cara tekan Window + R kemudian ketik charmap, enter. Pilih fontnya dengan Font Awesome. Klik ganda pada karakter yang akan digunakan, kemudian klik Copy. Kalian dapat mem-paste di Corel Draw, Photoshop ataupun MS Word.

MS Word

Buka MS Word. Pilih menu Insert, pada grup Symbols, klik Symbol. Kemudian klik "More symbols..". Ganti fontnya dengan Font Awesome. Pilih karakternya, kemudian klik ganda atau klik Insert.

Photoshop

Sama seperti melalui Character Map, kemudian paste-kan saja pada Photoshop.

Corel Draw

Cara ini paling mudah dan cepat. Buka Corel Draw, pilih menu Text, klik Insert Character atau Ctrl + F11. Kemudian ganti fontnya dengan Font Awesome. Klik ganda karakter yang akan digunakan. Selesai.

Menggunakan Font Awesome pada komputerPreview karakter Font Awesome

Kenapa kok tidak diketik biasa dengan pengaturan font Font Awesome?
Karena Font Awesome berisi karaker spesial (special character), jadi untuk penulisan biasa nanti tidak bisa terbaca. Coba browsing mengenai Special Character.

0 comments:

Post a Comment

Read the post first!